Lima Dampak Buruk Penggunaan Laptop Untuk Kesehatan

Laptop menjadi alat teknologi yang sangat sering digunakan pada saat ini selain ponsel. Tidak hanya praktis, namun laptop juga fleksibel digunakan di mana saja. Itulah kenapa orang tidak bisa lepas dari laptop maupun ponsel.

Namun ternyata laptop juga berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja, tetapi juga non-fisik. Dampak buruk dari penggunaan laptop ini sering diabaikan oleh kita.

Apakah dampak buruk laptop sangat berbahaya? Apakah seharusnya kita tidak memakai laptop lagi? Apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari dampak buruk tersebut? Berikut merupakan ulasan mengenai lima dampak buruk penggunaan laptop bagi kesehatan.

1. Sakit Punggung
Sakit punggung adalah gangguan kesehatan umum yang terjadi ketika Anda terlalu sering membungkuk saat menggunakan laptop. Atau terkadang Anda suka tidur tengkurap sambil mengetik di laptop. Tentu saja ketika Anda terus terusan melakukannya, maka akan terjadi sakit punggung kronis.

2. Infertilitas
Penggunaan laptop secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif pada kesuburan pria. Hal ini terjadi ketika pria terlalu lama memangku laptop. Panas yang dihasilkan dari laptop mampu merusak produksi sperma dan mempengaruhi kualitas serta kuantitasnya.

3. Gangguan Mata
Ketika Anda menggunakan laptop, maka Anda cenderung jarang untuk mengedipkan mata Anda. Mata yang kering mampu mengganggu kesehatan mata itu sendiri dan akhirnya menurunkan daya penglihatan Anda. Sehingga ketika Anda menggunakan laptop, jangan lupa untuk mengedipkan mata dan melihat ke jarak jauh selama beberapa detik.

4. Sakit Leher
Kebanyakan orang termasuk Anda menggunakan laptop dengan menekuk leher mereka. Sikap duduk seperti ini akan menyebabkan leher kaku dan sakit leher kronis. Belum lagi dengan sakit punggung yang pasti akan menyertainya.

5. Jari Gemetar
Karena tombol dari laptop tersebut sempit dan Anda menggunakannya selama berjam jam, maka otot otot jari Anda akan sering berkedut dan mati rasa. Oleh karena itu batasi penggunaan laptop agar tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Nah, itulah lima dampak buruk penggunaan laptop bagi kesehatan. Teknologi memang memudahkan kehidupan manusia, namun bukan untuk mengontrol hidup manusia. Jadi gunakanlah laptop dengan bijaksana dan sebaik-baiknya.

Sumber: http://www.infophoria.com/2015/12/lima-dampak-buruk-penggunaan-laptop.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Dampak Buruk Penggunaan Laptop Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.