Waspadai Lima Jenis Kecanduan di Zaman Modern

Kecanduan ataupun ketagihan merupakan salah satu reaksi saat tubuh atau pikiran kita terlalu menginginkan dan memerlukan sesuatu. Entah itu berupa fisik maupun non-fisik yang sangat sulit untuk menahannya.

Perkembangan zaman yang serba canggih membuat seseorang menjadi penasaran melakukan sesuatu. Dari yang awalnya coba-coba, lama kelamaan menjadi terbiasa hingga kecanduan. Namun sebenarnya di balik kebiasaan ini terdapat dampak positif dan negatif.

Ternyata banyak hal positif yang bisa kita ambil dari berkembangnya zaman, tapi tidak sedikit pula hal yang bersifat negatif dan dapat mengancam kesehatan seperti kecanduan. Nah, berikut ulasan mengenai lima jenis kecanduan di zaman modern.

1. Kecanduan Internet dan Gadget
Kecanduan di zaman modern yang pertama adalah kecanduan internet dan gadget. Tak bisa di pungkiri, internet dan gadget memang sudah membuat banyak orang kecanduan olehnya. Kecanduan ini melebihi dari kecanduan seseorang terhadap alkohol dan rokok. Orang yang telah kecanduan terhadap internet dan gadget, mereka akan menghabiskan waktu sebanyak 6 jam untuk bermain ke dunia maya, dan bermain gadget yang mereka miliki.

2. Kecanduan Game
Kecanduan yang satu ini lebih sering dialami oleh anak-anak yang masih sekolah, namun tidak menutup kemungkinan bahwa remaja dan dewasa pun terjebak dalamnya. Orang yang kecanduan game akan lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain game daripada bermain dengan teman-temannya.

3. Kecanduan Makanan
Masalah hidup yang sedang dihadapi seperti stres, dapat menyebabkan seseorang kecanduan makanan. Mereka akan merasa sedikit lebih nyaman jika mereka terus-terusan makan, Hal ini dapata menyebabkan obesitas dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

4. Kecanduan Merokok
Kecanduan merokok, merupakan kecanduan yang paling sering terjadi manusia di zaman modern. Padahal kita sudah mengetahui bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan kematian. Namun, masih saja banyak orang yang kecanduan terhadapnya.

5. Kecanduan Alkohol dan Obat-obatan Terlarang
Orang yang telah kecanduan alkohol dan obat terlarang seperti ganja, dan narkoba akan sulit untuk melepaskan kecanduan ini. Karena alkohol dan obat-obatan terlarang membuat penggunanya memiliki ketergantungan terhadapnya serta berdampak buruk bagi kesehatan.

Demikianlah ulasan mengenai lima jenis kecanduan di zaman modern. Sebaiknya hindarilah membiasakan diri dengan hal yang buruk. Namun apabila Anda sudah terlanjur kecanduan maka sebaiknya dikurangi sedikit demi sedikit. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.infophoria.com/2015/11/waspadai-lima-jenis-kecanduan-di-zaman.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Lima Jenis Kecanduan di Zaman Modern"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.